tahu petis surabaya

Menikmati Lezatnya Tahu Petis Enak di Surabaya

Mengunjungi suatu daerah rasanya kurang lengkap bila belum berburu kuliner khasnya termasuk ketika berkunjung ke Kota Surabaya yang memiliki beragam kuliner khas dan unik. Surabaya tak hanya terkenal dengan sajian si kuah hitam rawon yang khas tetapi juga ada berbagai sajian kuliner berbahan dasar petis yang bisa dinikmati. Salah satunya tahu petis enak di Surabaya yang meskipun sederhana tetapi citarasa kuliner yang satu ini sepertinya tak lekang dimakan zaman. Sebenarnya tidak ada aturan yang jelas makanan apa saja yang merupakan makanan khas atau asli Surabaya karena memang sebagian besar makanan yang ada di Surabaya mendapatkan pengaruh dari beberapa kota di sekitarnya seperti Sidoarjo, Lamongan, Gresik, dan Madura. Meski demikian, ketika membicarakan kuliner khas di Surabaya, ada satu bahan yang sepertinya memang tak pernah absen yaitu penggunaan petis.

Petis merupakan salah satu bahan berbentuk saus yang terbuat dari makanan laut seperti ikan, kupang, ataupun udang yang dimasak bersama dengan gula merah sehingga menghasilkan warna coklat bahkan hitam pekat. Rasa yang dihadirkan dari bahan makanan ini legit, gurih, dan memiliki aroma yang begitu kuat. Petis seringkali dimanfaatkan sebagai bumbu tambahan di beberapa kuliner Surabaya seperti dalam pembuatan rujak cingur, lontong balap, lontong kupang, rujak manis, ataupun lainnya. Selain itu, petis juga bisa dimanfaatkan sebagai cocolan gorengan seperti lezatnya tahu petis enak di Surabaya yang sebaiknya tak Anda lewatkan saat berkunjung ke kasawan Surabaya dan sekitarnya.

Petis-petis yang digunakan dalam berbagai menu olahan kuliner khas Surabaya pun beragam. Petis untuk rujak cingur biasanya kurang cocok ketika diaplikasikan untuk pembuatan lontong kupang. Rujak cingur lebih membutuhkan petis dengan rasa gurih sedangkan untuk pembuatan lontong kupang lebih membutuhkan petis dengan rasa yang lebih manis. Inilah mengapa ketika Anda memang ingin menikmati nikmatnya kuliner khas Surabaya berbahan dasar petis, Anda sebaiknya juga mengenal jenis-jenis petis yang digunakan. Bila Anda memang menyukai camilan-camilan terlebih saat musim hujan, menikmati tahu petis sepertinya bisa menjadi pilihan yang sangat menarik. Anda bahkan bisa dengan mudah membuat salah satu camilan gorengan yang satu ini di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan tahu dan menggorengnya. Lalu menikmatinya dengan sambal petis baik dengan cara mencocolnya ataupun dengan cara membelah tahu dan mengoleskan sambal petis tersebut seperti selai. Untuk membuatnya semakin nikmat, Anda sebaiknya tak lupa menggigit cabe rawit khusus untuk gorengan.

Kuliner yang satu ini memang cukup sederhana karena hanya berupa tahu goreng yang dinikmati dengan sambal petis yang gurih, manis, dan sedikit pedas. Selain membuatnya sendiri di rumah, Anda juga bisa menemukan banyak tempat yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati tahu petis enak di Surabaya.