tahu petis surabaya

Resep Tahu Petis Goreng Khas Surabaya yang Nikmat

Menemukan resep tahu petis goreng khas Surabaya pastinya bukan hal yang sulit untuk dilakukan terlebih bila Anda memanfaatkan akses internet. Anda bisa menemukan banyak resep sederhana untuk mendapatkan camilan enak khas dari Kota Pahlawan tersebut. Tahu petis merupakan salah satu jajanan berupa tahu goreng yang diisi dengan sambal petis. Petis sendiri merupakan salah satu bumbu yang dibuat dari pengolahan udang, ikan, ataupun kupang bersama dengan gula merah. Tahu petis ini meskipun terlihat sederhana dan biasa namun memiliki rasa yang sangat nikmat dan lezat terlebih dengan aroma khas petis yang pastinya memang sangat unik dan tak ada pada jenis sambal lainnya.

Tahu yang bisa diolah dalam resep tahu petis goreng sebenarnya bisa tahu apa saja. Anda bisa menggoreng tahu putih dengan ukuran sesuai selera ataupun membeli tahu goreng yang sudah jadi. Tertarik untuk membuat sendiri tahu petis enak khas Surabaya untuk teman di musim hujan? Berikut ini adalah salah satu resep tahu petis yang bisa ANda coba aplikasikan di rumah.

Beberapa bahan yang perlu dipersiapkan antara lain:
2 bungkus tahu putih yang biasanya terdiri dari 10 buah tahu pada tiap bungkusnya
1 sendok makan petis udang
8 siung bawang mewah
6 siung bawang putih
1/2 sendok teh terasi bakar
5 buah cabe rawit atau sesuai selera
kaldu bubuk secukupnya
garam secukupnya
kecap manis secukupnya

Setelah menyiapkan berbagai bahannya, langkah selanjutnya adalah membuatnya. Langkah pertama dalam resep tahu petis goreng adalah menyiapkan sambal petisnya terlebih dahulu. Sambal petis dibuat terlebih dahulu supaya nanti bisa menikmati tahu petis saat tahu masih dalam kondisi yang hangat sehingga semakin lezat. untuk membuat sambal petisnya, Anda bisa mengiris bawang putih dan bawang merah lalu menggorengnya hingga matang dan tiriskan. Kemudian, ulek bawang goreng tersebut bersama cabe rawit, petis udang, terasi bakar, garam, serta kaldu bubuk. Setelah semua bumbu tercampur rata, selanjutnya Anda bisa menuangkan kecap manis secukupnya dan aduk hingga merata.

Setelah sambal petisnya siap, Anda bisa mempersiapkan tahu gorengnya. Pertama, Anda bisa memotong tahu sesuai dengan selera dan merendamnya dalam air yang telah diberi garam dan bawang putih yang dihaluskan. Proses perendaman tersebut sekitar 15 hingga 30 menit supaya bumbu lebih meresap. Selanjutnya, Anda bisa meniriskan tahu tersebut. Kemudian, goreng tahu tersebut dalam minyak panas hingga kulit luarnya lebih garing lalu ditiriskan.

Untuk menikmati sajian tahu petis goreng, Anda hanya perlu membelah tahu goreng lalu memasukkan sambal petis ke dalam tahu. Anda bisa menikmatinya bersama dengan cabe rawit.

Sangat mudah bukan untuk mengolah resep tahu petis goreng khas Surabaya yang enak dan sederhana? Bila Anda sedang jalan-jalan ke Surabaya dan ingin menikmati kuliner yang satu ini, Anda hanya perlu singgah ke resto Petisan Suroboyo yang menyediakan berbagai kuliner berbahan dasar petis termasuk tahu petisnya yang sangat nikmat.