Resep Rujak Manis yang Lezat dan Segar

Menemukan resep rujak manis pastinya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. bahkan, sebenarnya Anda pun bisa membuat kreasi sendiri rujak manis yang diinginkan. Rujak adalah salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak dulu. Rujak sendiri ada berbagai jenisnya mulai dari rujak cingur, rujak serut, rujak tolet, ruak soto, rujak manis, dan lainnya. rujak manis sendiri berbeda dengan rujak-rujak lainnya. rujak yang satu ini terdiri dari berbagai buah-buahan yang diiris dan disajikan bersama bumbu rujak yang manis, gurih, dan pedas.

Ketika membicarakan tentang rujak manis, makanan ini sudah sangat populer dan melegenda. Bahkan, hampir semua wanita hamil menikmati kuliner sederhana ini terlebih saat hamil muda. Buah yang digunakan untuk membuat rujak manis pun tak ada batasan ataupun aturan khusus harus menggunakan buah tertentu. Hanya saja, buah-buahan yang dijadikan rujak manis biasanya memiliki jenis daging yang keras seperti kedondong, bengkoang, timun, nanas, pepaya, jambu air, mangga muda, atau buah-buah lainnya. Tentu saja, yang namanya rujak manis tak saja terdiri dari buah-buahan yang diiris tetapi juga dilengkapi dengan bumbunya yang khas. Membuat bumbu rujak manis pun bukan hal yang sulit. Bumbu rujak manis hanya terdiri dari gula merah, kacang tanah yang telah digoreng, petis, cabe rawit, dan air asam jawa. Berikut ini adalah satu resep rujak manis yang mungkin bisa Anda coba di rumah.

Pertama, siapkan bahan-bahannya yaitu buah-buahan segar. Untuk buahnya disesuaikan dengan selera saja. Biasanya buah yang digunakan dalam rujak manis pun sebagian merupakan buah musiman sehingga tak ada aturan baku buah yang bisa dijadikan rujak tersebut. buah-buahan segar tersebut dibersihkan lalu dipotong sesuai selera. Kedua adalah membuat bumbu rujaknya. Bumbunya terdiri dari gula merah, petis, air asam jawa, sedikit garam, cabe rawit sesuai selera, serta sedikit kacang tanah goreng. Semua bahan bumbu selain air asam jawa bisa diulek hingga halus. Setelah halus, bisa ditambahkan dengan air asam jawa dan aduk hingga rata. Bumbu rujak manis pun siap untuk dinikmati bersama irisan buah-buahan segar.

Sangat mudah dan sederhana untuk membuat rujak manis. Anda bisa membuat kreasi sendiri rujak manis sesuai dengan selera. Tingkat kepedasan dari rujak inipun tak ada aturannya. Sebagian orang menyukai rujak manis yang sangat pedas sehingga membuat badan terasa lebih segar. Rujak manis tak hanya enak untuk dinikmati tetapi juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. berbagai buah-buahan segar yang digunakan dalam rujak manis biasanya adalah buah-buah dengan kandungan serat tinggi. Selain itu, buah-buahan tersebut juga kaya akan vitamin dan mineral yang menyehatkan sehingga tak heran bila ini menjadi salah satu kuliner yang begitu populer hingga sekarang. Tak mau ribet dengan resep rujak manis, Anda bisa berburu rujak tersebut di berbagai penjual kaki lima hingga resto ternama.