Petis Halal untuk Sajian Kuliner Petisan Terbaik

Sebagian orang mungkin memang tak menyukai petis baik karena tidak menyukai tampilannya yang berwarna coklat bahkan kehitaman. Selain itu, ada pula yang tidak menyukai bahan makanan yang satu ini karena baunya yang khas dan unik. Meski demikian, petis sendiri sudah menajdi bagian penting dalam dunia kuliner masyarakat Jawa Timur terutama yang berada di kawasan Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, ataupun sekitarnya. Kawasan tersebut memang menjadi sentra petis sehingga tak mengherankan bila banyak sajian kulinernya yang hadir dengan bumbu petis di dalamnya. Di sisi lain, pecinta kuliner petisan pun rupanya kian banyak bahkan dari berbagai daerah lainnya. beberapa olahan kuliner petisan yang cukup populer adalah rujak uleg ataupun rujak cingur, rujak manis, lontong balap, tahu telur atau tahu tek, tahu petis, ataupun lainnya yang juga bisa dengan mudah dijumpai di berbagai daerah.

Meskipun petis memiliki citarasa dan aroma yang khas serta unik, kualitas dari petis sendiri pun bervariasi mulai dari yang berkualitas super hingga yang biasa saja. Proses pembuatannya pun beragam dan pilihan bahan yang digunakan juga bervariasi sehingga kualitas produk yang dihasilkan juga berbeda. Hal inilah yang membuat sebagian orang mungkin bertanya apakah petis halal atau haram karena memang tak semua produk petis yang tersedia di pasaran memiliki label halal dari Majelis Ulama Indonesia sehingga sangat wajar bila ada yang menyangsikannya. Petis sendiri sebenarnya bahan makanan yang dihasilkan dari pengolahan sari udang ataupun ikan dan ditambahkan dengan bumbu-bumbu sehingga menghasilkan pasta berwarna coklat bahkan kehitaman serta memiliki aroma dan rasa yang khas. Sebagin petis dibuat dari udang ataupun ikan dalam kondisi utuh. Namun, ada juga yang diolah dari sisa-sisa pemanfaatan limbah udang ataupun ikan berupa kepala ataupun kulitnya. Perbedaan bahan tersebut yang mampu menghasilkan petis dengan kualitas, aroma, rasa, serta warna yang berbeda.

Ketika Anda memang ragu dengan petis-petis yang ada di pasaran terutama yang tidak berlabel halal maka Anda sebaiknya tidak membelinya. Anda bisa memilih petis halal yang bisa dilihat dari adanya logo halal pada produk pangan tersebut. Logo halal tersebut bukanlah hanya sekedar tempelan semata namun ini juga bisa memberikan jaminan terhadap kualitas dari produk tersebut. Tentu saja, lembaga yang memberikan izin ataupun sertifikat halal terhadap suatu produk pangan juga tidak akan sembarangan. Ada berbagai proses dan tahapan yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa produk yang telah mendapatkan sertifikat halal memang mampu dipertanggungjawabkan.

Inilah mengapa ketika Anda memang ingin menikmati kuliner petisan yang nikmat dan lezat maka Anda sebaiknya juga bisa memastikan bahwa produk petis yang digunakan telah mengantongi sertifikat halal. Menemukan produk petis halal bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Anda hanya perlu lebih cermat dan selektif saja dalam memilih sehingga Anda bisa mendapatkan produk petis yang tak hanya nikmat dan lezat tetapi juga halal dan sehat.