rujak cingur matengan di surabaya

Menikmati Ragam Olahan Petis yang Tak Ada Habisnya

Siapa sih yang tak kenal dengan bahan makanan yang satu ini? Ya, petis. Si hitam yang memiliki citarasa unik, gurih, asin, manis, dan khas. Bahan makanan yang satu ini seringkali digunakan sebagai salah satu komponen penyedap di berbagai olahan makanan. Jawa Timur menjadi salah satu provinsi dengan ragam olahan petis yang cukup populer hingga ke berbagai daerah lainnya. Beberapa olahan berbahan petis bisa dengan mudah dijumpai di hampir seluruh kawasan Jawa Timur tersebut, terutama di kawasan Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Madura, dan sekitarnya.

Beberapa kuliner yang menggunakan bahan petis adalah rujak cingur, lontong balap, tahu telur, rujak petis, rujak soto, rujak buah, rujak tolet, lontong kupang, lontong mie, tahu tek, pecel semanggi, dan berbagai kuliner lainnya. Menemukan sajian kuliner berbahan petis pun bukan hal yang sulit karena Anda bisa menjumpai banyak penjual kaki lima, warung, hingga rumah makan sekelas restoran yang menyediakan menu sajian olahan petis tersebut. Selain dijadikan sebagai komponen penyedap untuk menghasilkan makanan sajian kuliner, petis juga seringkali diolah menjadi sambal yang lezat saat dinikmati bersama beragam gorengan terutama tahu.

Meski olahan petisan ini sudah sangat populer hingga sekarang, ternyata untuk mengetahui tentang sejarah pasti terkait bumbu yang satu ini menjadi hal yang cukup susah untuk dilakukan. Ada sebuah cerita tentang asal munculnya petis yaitu dulunya banyak nelayan di pesisir utara Jawa yang merasa bingung untuk mengatasi stok ikan dan udang yang berlimpah. Tanpa sengaja ada seorang nelayan yang mengolahnya hingga terciptalah bumbu yang disebut sebagai petis tersebut. Masalah cerita tersebut benar atau tidak, hal ini memang masih menjadi sebuah misteri. Petis yang populer di pasaran saat ini pun beragam yaitu petis udang, petis ikan, ataupun petis yang berbahan kerang. Dari beberapa jenis petis tersebut tentunya memiliki keunikan rasa dan tekstur. Bahkan, penggunaan petis tersebut biasanya juga beragam. Inilah mengapa ketika Anda ingin membuat sajian olahan petis, Anda sebaiknya juga paham benar jenis petis apa yang tepat untuk olahan tersebut supaya rasa yang dihasilkan bisa pas dan enak di lidah.

Saat ini, untuk menemukan ragam kuliner petis tak hanya dengan berkunjung ke daerah-daerah produsen petis saja. Anda bisa mencicipi beragam kuliner petis yang sudah tersebar di berbagai wilayah. Bahkan, Anda pun bisa membuat olahan sendiri di rumah. Menemukan produk petis bukan hal yang sulit. Hanya saja, Anda sebaiknya juga paham jenis dan kualitas petis yang akan Anda beli. Tak ada salahnya bila Anda mencari info terlebih dahulu tentang merek petis apa yang pas untuk sebuah sajian kuliner dengan baham makanan yang satu ini. Hal ini untuk menghasilkan olahan petis yang nikmat.