gorengan dengan petis

Menikmati Gorengan dengan Petis Siap Makan

Petis mungkin bisa dibilang sebagai makanan tambahan saja. Namun popularitasnya ternyata sudah cukup tersebar luas bahkan hingga ke luar negeri. Siapa sih yang tak kenal petis? Ya, ini merupakan salah satu bahan makanan ataupun bumbu penyedap yang seringkali bisa dijumpai dalam berbagai kuliner Jawa Timur terutama di sekitar Surabaya seperti pada rujak cingur, rujak tolet, lontong balap, tahu telur, semanggi, ataupun tahu petis. Meskipun bumbu khas ini sudah sangat melegenda, untuk menemukan asal muasal dan dasar keberadaan petis sendiri rupanya merupakan hal yang sulit. Ada sebuah sumber yang menyebutkan bahwa petis pertama kali dibuat pada abad ketujuh di wilayah pesisir utara Jawa yang muncul bukan karena kesengajaan. Katanya, petis tersebut muncul akibat banyaknya stok ikan ataupun sisa ikan ataupun udang dari hasil tangkapan nelayan yang akhirnya dicoba diolah dan jadilah petis yang dikenal hingga sekarang.

Petis merupakan bumbu khas dari Indonesia yang terbuat dari bahan sari pati olahan dari udang, ikan, kupang, atau bahkan daging. Bumbu ini berbentuk seperti saus kental dengan warna coklat kehitaman. Rasa gurih yang berpadu dengan manis dari gula batok yang dijadikan salah satu bahan pembuatnya menjadikan petis begitu unik dan nikmat. Tak hanya dijadikan bumbu saja, petis juga seringkali dijadikan sebagai cocolan ataupun sambal untuk menikmati beragam gorengan seperti tahu, bakwan, ataupun lainnya. Petis yang beredar di pasaran pun memiliki beberapa jenis seperti petis udang, petis ikan, petis kupang, bahkan ada pula petis sapi. Citarasa dan kualitas petis pun beragam mulai dari yang memiliki kualitas super, sedang, hingga yang biasa saja. Kualitas petis yang beraga tersebut nyatanya memang disesuaikan dengan kebutuhan olahan ataupun sajian yang akan dibuat. Jadi, jangan Anda kira semua olahan akan terasa nikmat saat Anda menggunakan petis kualitas super karena bisa jadi olahan tersebut menjadi enek untuk dinikmati.

Seiring dengan semakin banyaknya sajian-sajian kuliner unik dari berbagai daerah, Anda mungkin juga tertarik untuk mencicipi kuliner petisan. Anda tak perlu khawatir, meski Anda tidak sedang berada di Surabaya ataupun sekitarnya yang merupakan pusat petis, Anda pun masih bisa menikmati sajian kuliner petisan hasil olahan Anda sendiri. Anda hanya perlu membeli petis secara online dari tempat tinggal Anda.

Bila Anda menyukai menikmati beragam camilan seperti gorengan, maka Anda sebaiknya tak lupa untuk mencoba menikmati petis siap makan. Petis tersebut bisa langsung dicocol dengan tahu ataupun gorengan lainnya tanpa harus mengolahnya terlebih dahulu. Bahkan, bila Anda ingin membuat tahu telur ataupun rujak, maka Anda bisa menambahkan petis siap saji tersebut bersama beberapa bumbu lainnya. Ini cara yang sangat mudah dan sederhana untuk menikmati bumbu sekaligus bahan makanan khas dari Indonesia.