Cara Membuat Sambal Petisan Lezat dan Nikmat

Membuat Sambal Petisan – Rasanya menikmati makanan tanpa ada rasa pedas jadi terasa kurang lengkap. Salah satu sajian yang mampu menghadirkan rasa pedas adalah sambal. Pilihan menu sambal sendiri memiliki banyak variasi mulai sambal balado, sambal matah, sambal ijo, sambal bajak, sambal bawang, dan lainnya. Dari sekian jenis sambal yang ada dan bisa menjadi pilihan, salah satu sambal yang memiliki citarasa unik dan khas adalah sambal petisan. Bagi para pecinta kuliner berbahan petis pastinya akan sangat menyukai sambal dengan bahan petis tersebut. Selain rasa pedasnya yang mampu menggugah selera, aroma dan citarasa dari petisnya yang khas rupanya mampu memberikan keistimewaan pada sebuah hidangan.

Bagi masyarakat Jawa Timur terutama yang berada di kawasan Sidoarjo, Gresik, serta Surabaya, olahan kuliner berbahan petis menjadi bagian yang sangat penting. Beberapa olahan dengan bumbu petis bisa dengan mudah dijumpai baik di pinggiran jalan ataupun di berbagai rumah makan bahkan restoran sekalipun seperti lontong balap, rujak cingur, lontong mie, rujak manis, tahu tek, ataupun lainnya. Selain dijadikan sebagai campuran makanan, rupanya petis juga sangat nikmat dijadikan cocolan ataupun sambal untuk menikmati berbagai jenis gorengan. Jadi, selain dinikmati dengan cabe rawit, gorengan pun bisa dicocol ataupun diolesi sambal petis yang nikmat dan menggugah selera.

Untuk sajian petisan sendiri biasanya masing-masing jenis olahan membutuhkan jenis dan kualitas petis yang bervariasi sehingga hasil makanan yang diolah pun akan benar-benar pas di lidah. Inilah mengapa ketika Anda memang ingin menikmati sajian petisan, Anda sebaiknya memahami jenis olahan apa yang akan Anda buat sehingga Anda bisa menyesuaikan takaran, jenis, dan kualitas petis yang sesuai untuk olahan tersebut. Hal ini pula yang membuat masing-masing penjual kuliner petisan mampu menghasilkan citarasa olahan petisan yang nikmat dan lezat.

Saat ini, menemukan beragam olahan petisan mungkin bukan hal yang sulit lagi untuk dilakukan. Berbagai kuliner dengan bumbu dasar petis bisa dengan mudah dijumpai mulai dari penjual gerobakan, warung pinggir jalan, hingga rumah makan ataupun restoran yang menyajikan menu petisan. Kuliner petis bukan hanya menjadi kuliner bagi masyarakat kelas menengah ke bawah namun ternyata pecinta kuliner yang satu ini juga menjangkau mereka yang dari kalangan menengah ke atas. Tak mengherankan bila ketika berkunjung ke Surabaya ataupun daerah sekitar ibukota Jawa Timur, banyak pesohor yang tak melewatkan untuk berburu kuliner petisan yang memang unik dan nikmat.

Bagi Anda yang bingung memilih penjual petisan yang tak hanya nikmat, lezat, tetapi juga sehat, Anda bisa coba mampir ke Petisan Suroboyo. Anda bisa menemukan berbagai menu petisan yang sangat nikmat dengan harga yang bersahabat. Salah satunya adalah sambal petisan yang nikmat untuk menemani Anda makan berbagai jenis gorengan sebagai cocolan yang menggugah selera.