Makanan Khas Jawa Timur yang Berbumbu Petis

Mengenal berbagai jenis makanan khas dari berbagai daerah memang selalu menarik. Salah satunya adalah makanan khas Jawa Timur yang memang sangat beragam. Bagi Anda yang menyukai sajian makanan berbumbu petis, Anda sebaiknya tak melewatkan untuk mencicipi beberapa makanan khas asal Jawa Timur berikut ini. Tak hanya lezat, ada pula sajian makanan yang cukup unik dan wajib dicoba.

Makanan berbahan petis kebanyakan memang bisa dijumpai di kawasan Surabaya, Gresik, Lamongan, dan sekitarnya. Namun demikian, ada pula beberapa sajian kuliner berbahan petis yang bisa dijumpai khas dari beberapa daerah lainnya. Semakin banyaknya makanan unik dan khas ini yang pastinya semakin memperkaya kuliner khas dari Jawa Timur.

  1. Telur Bumbu Petis
    Petis memang menjadi salah satu bumbu yang cukup khas dan seringkali digunakan untuk mengolah beberapa makanan dari Jawa Timur. Salah satunya adalah tahu bumbu petis. Makanan ini merupakan olahan tahu bulat yang dimasak dengan campuran santan berbumbu dan dilengkapi dengan bumbu petis udang yang memiliki aroma khas. Rasanya yang gurih dan dinikmati akan semakin lezat saat dinikmati bersama ketupat, lontong, ataupun sepiring nasi hangat.
  1. Rujak Cingur
    Banyak orang seringkali menganggap bahwa sajian rujak sangat mirip dengan gado-gado. Namun demikian, kedua jenis makanan tersebut ternyata cukup berbeda baik dari bahan yang digunakan ataupun rasa yang disajikan. Salah satu sajian rujak ini merupakan makanan tradisional yang menggunakan bahan utama berupa sayuran, buah, serta bahan lainnya. Yang semakin unik dari makanan yang satu ini adalah penggunaan cingur yang merupakan bagian dari mulut sapi. Selain itu, bumbu kacang yang digunakan untuk sajian kuliner ini juga menggunakan petis sebagai bumbu utamanya sehingga rasanya sangat enak.
  1. Tahu Telur
    Ini merupakan salah satu sajian kuliner yang banyak dijumpai di daerah Surabaya, Lamongan, ataupun Sidoarjo. Namun kini, sajian ini pun semakin lebih mudah dijumpai karena hampir di semua wilayah Jawa Timur terdapat penjual yang menyediakan sajian yang satu ini. Tahu goreng yang setengah matang digoreng bersama telur dadar yang kemudian disajikan dengan bumbu kacang dan petis yang lezat. Kemudian di atasnya biasanya ditambahkan dengan taoge, irisan kentang, serta bawang goreng. Semakin nikmat saat disajikan bersama kerupuk udang.
  1. Rujak Soto
    Sepertinya cukup aneh saat pertama kali mendengar adanya sajian makanan rujak soto. Sebagaimana yang diketahui bahwa rujak merupakan sajian berbahan sayuran dan buah-buahan yang disajikan bersama bumbu kacang dan petis. Sedangkan soto sendiri merupakan sajian makanan berkuah encer menggunakan kaldu. Lantas bagaimana bila kedua sajian tersebut bercampur menjadi satu? Ya, sesuai namanya sajian kuliner khas Banyuwangi ini berupa semangkuk rujak dan soto yang tergabung dalam satu wadah. Sajian rujak sebagaimana yang sering dijumpai kemudian disiram dengan kuah soto bersama daging serta jeroannya. Unik dan menarik karena memadukan rasa pedas, gurih, segar, serta manis yang bercampur menjadi satu.

 

Selain beberapa makanan tersebut, sebenarnya Jawa Timur masih memiliki banyak jenis makanan khas lain yang berbahan petis terutama yang berasal dari Surabaya seperti lontong kupang, lontong mie, lontong balap, pecel semanggi, ataupun lainnya. Saat berkunjung ke Jawa Timur, tak ada salahnya bila Anda mencoba menikmati makanan khas Jawa Timur yang berbahan petis.