makanan khas surabaya

Berburu Makanan Khas Surabaya Berbahan Dasar Petis

Surabaya merupakan salah satu kota besar yang semakin hari mengalami banyak sekali perkembangan. Meski demikian, ada berbagai hal yang tak berubah dari kota dengan julukan Kota Pahlawan tersebut. Salah satunya adalah masih eksisnya berbagai kuliner khas yang sudah ada sejak dulu di tengah modernisasi yang begitu pesat.

Saat berkunjung ke Surabaya, rasanya sayang bila tanpa berburu kuliner khasnya. Selain terkenal dengan sajian rawon, Surabaya ternyata memiliki berbagai kuliner khas berbahan dasar petis. Petis merupakan hasil ekstrak udang, ikan, ataupun kupang yang memiliki citarasa serta aroma khas. Ada beberapa menu makanan khas Surabaya yang menggunakan bahan dasar petis tersebut mulai dari lontong mie, lontong balap, lontong kupang, rujak cingur, rujak tolet, rujak manis, tahu telur, bahkan ada juga tahu petis goreng yang sangat menggugah selera.

Berbagai makanan khas dari Kota Pahlawan ini bisa dengan mudah dijumpai di berbagai sudut jalan mulai dari pedagang kaki lima hingga berbagai rumah makan bahkan resto. Namun, tentu saja, tak semua sajian kuliner yang Anda jumpai memiliki citarasa yang sesuai dengan harapan. Hal ini dikarenakan pengolahan makanan tersebut yang bisa saja berbeda bahkan pemilihan bahan pun bisa berpengaruh terhadap hasil sajian makanannya.

Keunikan dari makanan khas Surabaya yang berbahan dasar petis bukan hanya dari kekhasan rasa serta aromanya saja tetapi sebagian besar makanan tersebut memiliki nilai filosofi serta sejarah tersendiri. Inilah mengapa mencicipi kuliner khas Surabaya juga akan membuat Anda semakin mengenal bagaimana tradisi serta sejarah dari Kota Pahlawan tersebut.

Salah satu resto atau rumah makan yang menyajikan berbagai menu kuliner petisan khas Surabaya yang enak adalah resto Petisan Suroboyo. Ada beberapa outlet yang tersedia sebagai pilihan. Anda bisa mengunjungi Petisan CITO, Petisan BG Juction, dan sebentar lagi juga akan dibuka outlet Petisan DTC.

Rumah makan yang satu ini menyediakan berbagai kuliner makanan khas Surabaya terutama yang menggunakan bahan dasar petis seperti Tahu Telur, Lontong Mie, Rujak Cingur, Rujak Tolet, Tahu Petis, Lontong Balap, bahkan juga Rujak Manis. Berbagai menu makanan tersebut tak hanya memiliki citarasa yang enak tetapi juga memiliki tampilan yang menggugah selera. Tak perlu khawatir karena semua menu yang tersedia dibandrol dengan harga yang sangat ramah kantong.

Petisan Suroboyo bisa menjadi pilihan yang sangat menarik bagi para pecinta kuliner terutama yang menyukai berbagai kuliner berbahan dasar petis. Anda sebaiknya tak melewatkan kesempatan untuk mampir ke rumah makan serba petis tersebut saat berkunjung ke Surabaya. Anda bisa mengajak keluarga ataupun teman untuk turut menikmati nikmatnya berbagai kuliner unik dan khas dari Kota Pahlawan dengan suasana rumah makan yang nyaman dan menyenangkan.