Kenikmatan Petis Ikan yang Khas dan Unik

Petis merupakan salah satu bahan makanan atau lebih tepatnya bumbu yang dibuat dari hasil laut seperti udang, ikan, ataupun kerang. Olahan petis sendiri beragam kualitasnya. Anda sebaiknya tak berpikir bahwa untuk menghasilkan sebuah olahan masakan berbahan petis yang enak harus selalu menggunakan petis berkualitas super karena ketika perpaduan yang tidak pas maka rasa yang dihasilkan justru terasa enek dan kurang nikmat. Inilah mengapa ketika ingin mengolah suatu makanan dengan bumbu petis maka Anda sebaiknya paham jenis dan kualitas petis yang pas untuk olahan tersebut seperti apa sehingga rasa yang dihasilkan pun akan nyaman dan nikmat di lidah. Selain petis udang, jenis petis lain yang tak kalah populernya di pasaran adalah petis ikan. Tentunya sesuai dengan namanya, kenis petis ini diolah dari sari ikan. Daerah yang banyak menghasilkan petis ikan adalah Madura sehingga tak heran bila petis ikan dari Madura juga lebih dikenal sebagai petis Madura.

Petis ikan terbuat dari sari ikan pilihan yang dicampur dengan beberapa rempah pilihan berdasarkan resep tertentu. Jenis ikan yang biasa digunakan untuk membuat petis pun beragam. Namun, untuk mendapatkan kualitas petis yang bagus, biasanya produsen petis memilih untuk menggunakan bahan dasar ikan tuna. Warna petisnya pun berbeda dengan petis udang yang cenderung berwarna coklat kehitaman. Petis ikan memiliki warna yang cenderung lebih cerah yaitu coklat kemerahan. Biasanya petis dari ikan ini juga memiliki rasa yang cenderung asin serta memiliki tekstur yang lebih legit dan kenyal. Aroma amis dari petis jenis inipun tak seamis petis udang karena memang bahannya yang dari ikan.

Jenis petis ini biasanya digunakan untuk bahan bumbu rujak buah ataupun rujak kerupuk. Sedangkan untuk membuat rujak sayur atau rujak lontong biasanya lebih sering menggunakan perpaduan petis ikan dan petis udang untuk menghasilkan rasa yang pas. Saat musim mangga tiba, biasanya penjual petis akan ramai diserbu oleh para pembeli yang ingin menikmati kenikmatan makan rujak mangga bersama teman ataupun keluarga.

Saat ini, menemukan berbagai jenis olahan petis bukanlah hal yang sulit. Anda tak perlu datang ke daerah produsen petis itu untuk berbelanja petis yang Anda butuhkan, termasuk ketika Anda tertarik untuk mencicipi petis ikan asli Madura. Anda bisa datang ke pusat oleh-oleh di berbagai kawasan di Jawa Timur khususnya Madura ataupun dengan berbelanja secara online. Selain dijual dalam bentuk petis asli, Anda pun bisa menemukan sambal petis yang siap saji sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menikmati petis yang Anda inginkan baik untuk cocolan gorengan ataupun lainnya.

Bila Anda tertarik untuk belanja petis, pastikan bahwa petis ikan yang Anda beli merupakan petis yang masih fresh sehingga Anda bisa menyimpannya dalam waktu yang lebih lama dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Anda sebaiknya juga memahami bagaimana cara yang tepat untuk menyimpan petis supaya saat dibutuhkan, Anda bisa menggunakannya dalam keadaan yang masih baik.