Rujak Tolet

Bumbu Rujak Tolet Khas Surabaya

Ketika membicarakan kuliner khas Surabaya sepertinya tak akan pernah lepas dari yang namanya petis. Ada banyak kuliner berbahan dasar petis yang bisa dijumpai saat singgah ke kota yang dijuluki sebagai Kota Pahlawan tersebut mulai dari rujak cingur yang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke berbagai kota lainnya, lontong balap, lontong kupang, ataupun beberapa kuliner lainnya. Meskipun banyak kuliner khas Surabaya yang menggunakan petis sebagai bumbu penyedapnya, petis-petis tersebut bukanlah berasal dari Surabaya melainkan dari kota Sidoarjo yang memang menjadi pusat penghasil berbagai olahan seafood termasuk petis udang.

Sebenarnya, selain rujak cingur ataupun lontong balap yang sudah sangat fenomenal dan populer, Surabaya juga memiliki satu lagi kuliner khas yang menggunakan bahan dasar petis yang kini ternyata sudah mulai jarang ditemukan di ibukota Jawa Timur tersebut. Kuliner khas tersebut adalah rujak tolet. Untuk membuat bumbu rujak tolet sebenarnya juga bukan hal yang sulit karena sebenarnya rujak yang satu ini tak terlalu berbeda dengan jenis-jenis rujak lainnya.

Rujak tolet memang cukup unik terlebih dari segi namanya. Kata ‘tolet’ memiliki makna yang hampir sama dengan colek. Rujak ini disebut dengan rujak tolet karena cara makan rujak ini tak perlu menggunakan garpu ataupun tusuk tetapi bisa dengan mengambil potongan buah yang tersedia dan mencolekkannya pada bumbu rujak tolet. Yang membedakan rujak tolet dengan rujak-rujak lainnya adalah dengan paduan rasa petis yang dicampur dengan gula merah, kecap manis, serta gurihnya bawang putih goreng serta potongan cabe rawit.

Rujak tolet ini biasanya terdiri dari irisan buah-buahan serta tahu kuning dan disajikan dengan bumbu rujak tolet yang lezat dan menggugah selera. Bila Anda juga ingin mencoba nikmatnya salah satu kuliner khas Surabaya yang kini mulai jarang dijumpai, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun tak sulit untuk ditemukan karena Anda hanya membutuhkan tahu kuning serta beberapa jenis buah seperti nanas, mentimun, bengkoang, belimbing, pepaya, kedondong, ataupun beberapa buah lainnya. iris buah-buahan serta tahu kuningnya.

Selain itu, beberapa bumbu rujak tolet juga mudah untuk dibuat. Anda hanya perlu menyiapkan sebuah piring, ambil sekitar 1 sendok teh petis udang, setengah sendok teh bawang putih goreng, cabe rawit sesuai selera yang dipotong dengan sendok, sedikit gula merah, setengah sendok teh air asam jawa, serta 3 sendok makan kecap manis. Ulek bumbu tersebut dengan menggunakan punggung sendok hingga tercampur rata. Cara menyajikan rujak ini juga sangat sederhana yaitu irisan buah dan tahu kuning ditaruh di atas bumbu yang telah diulek di piring kemudian taburi dengan bawang putih goreng. Rujak tolet pun siap untuk dinikmati.

Bila Anda sedang singgah ke Surabaya, tak ada salahnya mampir ke salah satu outlet resto Petisan Surabaya untuk menikmati kelezatan dan kenikmatan bumbu rujak tolet khas Surabaya.